Thursday 3 July 2014

Metode Penalaran Deduktif

Pendekatan deduktif (deductive approach) adalah pendekatan yang menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan (conclusion) berdasarkan seperangkat premis yang diberikan. Dalam sistem deduktif yang kompleks, peneliti dapat menarik lebih dari satu kesimpulan. Metode deduktif sering digambarkan sebagai pengambilan kesimpulan dari sesuatu yang umum ke sesuatu yang khusus (going from the general to the specific).

Ciri-ciri Paragraf Deduktif
  • Ada beberapa ciri paragraf deduktif, antara lain sebagai berikut.
  • Kalimat utama letaknya di awal paragraf.
  • Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan berupa pernyataan khusus.
  • Diakhiri dengan penjelasan yang spesifik.
Contoh:
jika meneliti konsumsi rumah tangga untuk minyak, maka sebelum turun ke lapangan yang dipersiapkan adalah teori konsumsi, permintaan dan penawaran barang, dll. pertanyaan yang akan diajukan sudah jelas dan hampir baku, sampelnya jelas, dll. artinya sudah disiapkan semua tinggal cari data.

Contoh lainnya:
Kawasan Betawi telah lama dihuni orang. Bahkan, jauh sebelum datangnya penduduk berbahasa Melayu, yang baru tiba sekitar abad ke-10 M. Penghuni awal kawasan Betawi ini bisa dikatakan sebagai masyarakat “proto” Betawi. Kesimpulan tersebut berdasarkan ditemukannya situs Babelan, Bekasi, Karawang dan Subang yang berasal dari abad ke-2 M. Menurut Prof. James T. Mc Collin, penemuan tersebut menandakan Masyarakat proto Betawi tersebut telah menghuni daerah di sekitar aliran sungai besar, seperti Ciliwung, Cisadane, Kali Bekasi, dan Citarum. Mereka diyakini telah tinggal di daerah yang kini dikenal sebagai Cengkareng, Sunter, Tanah Abang, Cilincing, Kebon Sirih, Rawa Belong, Sukabumi, Kebon Nanas, Jatinegara, Cawang, Cililitan, Kramat Jati, Condet, Kelapa Dua, Cipete, Pasar Minggu, Pondok Gede, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Pasar Jumat, Karang Tengah, Ciputat, Pondok Cabe, Cipayung, dan Serpong. Jadi, penduduk proto Betawi tersebut telah menyebar hampir di seluruh wilayah Jakarta.

Sumber:

No comments:

Post a Comment